Name:
Location: Indonesia

Tuesday, January 31, 2006

Kursi Makan Bayi

Kursi Makan Bayi

Si kecil sudah mulai belajar duduk, dan mulai diberi makanan tambahan? Sediakan ia kursi yang sesuai agar aktivitas makannya lebih menyenangkan.

Memberi makan bayi dengan aman tak hanya berarti memperkenalkan makanan baru secara bertahap serta terhindar dari kontaminasi atau kerusakan makanan. Keamanan si kecil saat makan juga terkait dengan tersedianya peralatan makan yang menunjang, kursi makan misalnya.

Selain itu, pemilihan kursi makan - umumnya berbentuk high chair atau kursi tinggi - yang tepat diyakini bisa meningkatkan efisiensi makan serta dapat mengurangi cara makan anak yang berantakan.

Nah, aneka kursi makan berikut bisa Anda cermati sebelum memilihkannya untuk si kecil:

Kursi Tinggi Portabel
Bentuknya yang bisa dilipat dan ringan, membuat kursi makan ini mudah dibawa-bawa. Bila Anda sering membawa si kecil makan di luar rumah, kursi ini cocok digunakan.

Kursi Tinggi Stasioner
Tinggi kursi makan ini biasanya tak bisa diubah-ubah. Ia stasioner (tetap) karena kaki kursinya tidak beroda. Namun kursi ini sebaiknya tidak dipakai setelah anak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Saat anak makin besar, ukuran tubuhnya juga terlalu besar untuk kursi ini.

Kursi Tinggi-Rendah
Tinggi kursi dapat diturun-naikkan sesuai keinginan. Misalnya, disetel sehingga Anda lebih nyaman menyuapi si kecil. Kaki kursi ini umumnya beroda (empat buah) sehingga bisa digeser-geser.

Kursi Hook-On
Kursi makan ini biasanya digantungkan atau dikaitkan di pinggir meja. Bila tak digeser, ia akan tetap pada tempatnya. Namun jenis ini disarankan tak dipakai karena umumnya dapat bergeser secara berlebihan jika anak terlalu aktif.

Agar Bayi Aman di Kursi Makan

Si kecil sudah belajar duduk di kursi makannya yang baru, dan mulai menikmati makanan tambahannya. Apakah si kecil sudah aman di kursi makannya yang baru?

* Jangan tinggalkan bayi di dalam kursi tanpa ada yang mengawasi.
* Kencangkan sabuk pengaman, bahkan jika bayi Anda masih terlalu kecil untuk memanjat.
* Jaga kebersihan kursi dan permukaan tempat makan.
* Untuk kursi tinggi, pastikan meja terpasang dengan terkunci. Bila tak terpasang dan terkunci dengan baik, dapat membuat bayi yang tak terikat sabuk pengaman jatuh dengan kepala terlebih dahulu.
* Untuk kursi yang bisa dilipat, pastikan mekanisme pengunciannya bekerja dengan sempurna.
* Jangan biarkan anak-anak lain bermain di sekitar kursi tinggi. Mereka dapat menarik atau mendorong kursi itu.
* Jauhkan dari meja, dinding atau permukaan lain yang dapat terjejak oleh kaki bayi sehingga kursi tinggi itu bisa terjengkang.
* Untuk kursi gantung, gunakan kursi hanya pada meja kayu atau logam yang stabil. Jika kursi yang digantungkan bisa membuat meja bergoyang, berarti mejanya tidak cukup stabil. Jangan digunakan.

SUMBER tabloid nakita

1 Comments:

Blogger Unknown said...

penjelasan yang lengkap mbak untuk kursi makan bayinya
untuk yang mau membeli kursi makan bayi
bisa mengunjungi toko perlengkapan bayi

10:26 AM  

Post a Comment

<< Home