Name:
Location: Indonesia

Tuesday, January 31, 2006

Kurang Tidur, Rusak Kesehatan

Kurang Tidur, Rusak Kesehatan

Remaja saat ini sering mendapat tekanan untuk belajar lebih keras dengan segudang kegiatan di luar sekolah yang harus diikuti, untuk dapat mengejar nilai yang tinggi agar nantinya bisa melanjutkan ke sekolah favorit. Hal ini membuat remaja harus mengurangi waktu istirahatnya, menjadi kurang dari 8 jam sehari.

Dengan berkurangnya waktu tidur, akan menjadi bahaya yang dapat mengancam kesehatan para remaja, termasuk juga mengancam daya ingat dan kemampuan berpikir. Pada saat tidur itulah, pertumbuhan fisik hampir seluruhnya terjadi, yang bila tidak mendapat tidur yang cukup akan membuat pertumbuhan mereka terhambat, mental kurang berkembang dan berperilaku yang memprihatinkankan orangtuanya. Oleh karena itu dianjurkan oleh dokter untuk mempunyai waktu tidur yang cukup, sedikitnya 9 jam sehari.

Menurut ahli dari Cina, jam 10 malam hingga jam 1 dini hari adalah waktu paling aktif dihasilkannya hormon pertumbuhan dan metabolisme sel. Hilangnya waktu tidur pada jam-jam penting tersebut, tidak dapat digantikan dengan tidur pada jam lainnya.

sumber http://www.info-sehat.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home