Name:
Location: Indonesia

Tuesday, January 31, 2006

Kolik Infantil

Kolik Infantil

Menangis bukan hal yang jarang terjadi pada bayi. Kalau tidak pernah menangis, malah bisa memunculkan pertanyaan dari orang tua. Tapi bagaimana kalau si mungil Anda menangis dengan keras bahkan sampai tiga jam lamanya? Mengerikan ya. Walau begitu, jangan terlalu khawatir. Selama anak dalam kondisi sehat dan normal, hal tersebut pun bukan hal yang langka terjadi.

Sebagian bayi mengalami apa yang di kalangan medis disebut sebagai kolik infantil. Definisinya adalah menangis yang sangat hebat pada bayi yang sehat dimana tangis tersebut baru berakhir paling sedikit 3 jam dalam sehari, 3 hari dalam seminggu dan sudah berlangsung paling sedikit 3 minggu.

Tangis yang “sepertinya mengerikan” ini umumnya mulai terjadi pada usia beberapa minggu dan terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kolik infantil umumnya berakhir setelah usia bayi mencapai 4-5 bulan.

Apa yang menjadi penyebab dari tangis tersebut belum diketahui dengan pasti. Mungkin saja hal itu merupakan bagian dari tangis bayi pada umumnya, atau bisa juga ada peyebab lain yang belum diketahui. Ada beberapa dugaan penyebab seperti kontraksi usus yang nyeri, kembung, intoleransi laktosa atau mungkin juga faktor psikologis (kecemasan) orangtua sehingga salah menginterpretasikan tangis anak yang sesungguhnya masih dalam batas normal.

Karena penyebabnya belum diketahui secara pasti, tentu saja kita pun belum mengetahui bagaimana cara menghilangkannya. Ada penelitian yang memperlihatkan bahwa mengganti formula susu sapi dengan formula hidrolisat whey (whey hydrolysate formula ) “mungkin” bisa memberikan manfaat. Sedangkan mengganti formula susu sapi dengan formula soya ataupun formula rendah laktosa masih belum terbukti manfaatnya.

Walau demikian, sekali lagi bapak dan ibu jangan terlalu cemas. Kolik infantil umumnya terus membaik seiring dengan bertambahnya usia. Yang penting, buah hati Anda harus tetap sehat, lincah dan tumbuh-kembangnya sesuai dengan usia. Bila masih khawatir, segera hubungi dokter Anda untuk berkonsultasi lebih jauh sekaligus memastikan kesehatan buah hati Anda.

sumber http://www.info-sehat.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home