Name:
Location: Indonesia

Friday, January 06, 2006

Ginkgo biloba Tangkal Radikal Bebas

Ginkgo biloba Tangkal Radikal Bebas


Serbuan radikal bebas secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah di dalam tubuh kita. Kerusakan dinding pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol ”jahat’’) menimbulkan plak pada dinding arteri (aterosklerosis). Selanjutnya menjadi penyebab berbagai penyakit degenerasi cerebrocardiovascular, antara lain jantung koroner, stroke, demensia (kepikunan), dan hipertensi. Jika menyerbu sel otak, maka dapat mempercepat kerusakan dan proses penuaan pada otak yang berakibat kepikunan dini.

Otak terdiri atas 100 miliar sel neuron. Jumlah itu menyusut 50.000 - 100.000 sel setiap hari, sejak usia 30 tahun. Akibatnya, terjadi penurunan fungsi otak secara wajar (gampang lupa) maupun penurunan fungsi kognitif yang tidak wajar (lupa pada kejadian yang baru beberapa jam sebelumnya) atau pikun.

Ada beberapa tips untuk menghindari serbuan radikal bebas. Usahakan hidup bebas dari polutan (udara, air, pengawet dan pewarna makanan), lakukan hidup sehat dengan berolahraga intensitas rendah (jalan kaki, berenang, senam pernapasan), dan juga konsumsi makanan sehat alami (kacang-kacangan, sayur, dan buah) yang mempunyai sifat sebagai antioksidan.

Tanaman Ginkgo biloba terbukti memiliki daya antioksidan. Ekstrak alami tanaman tersebut mengandung flavonoida, terpene lactone, dan asam organik (asam kinurenat dan asam folat) yang menghambat kerusakan membran sel neuron, menghambat pembentukan radikal bebas, melebarkan pembuluh darah, dan menghambat platelet activating factor atau faktor pembekuan darah.

Seperti tanaman aslinya, ekstrak dalam bentuk bahan aktif (EGb) pun mempunyai efek memperbaiki aliran darah, meningkatkan peredaran darah ke otak, efek antioksidan, meningkatkan metabolisme sel otak (neuron) dan fungsi neurotransmisi (aliran sinyal sel saraf). Singkatnya, Ginkgo biloba memiliki efek neuroprotektif dan mampu meningkatkan fungsi serta kinerja neuron secara alami.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home