Name:
Location: Indonesia

Friday, January 06, 2006

MRSA Penyebab Kematian Bayi Baru Lahir

MRSA Penyebab Kematian Bayi Baru Lahir

MRSA, methicillin-resistant Staphylococcus aureus, disebut juga kuman super karena kuman ini telah kebal terhadap antibiotika. Bahkan dari penelitian terakhir terlihat, bahwa kuman ini juga telah kebal terhadap antibiotika terakhir yang terkenal masih ampuh yaitu vancomycin.

MRSA ini diduga kuat telah menyebabkan kematian pada bayi yang baru berusia 36 jam di rumah sakit Ipswich, London, di Inggris. Bayi yang diberi nama Luke Day ini lahir dengan berat badan yang normal dan merupakan bayi yang sehat saat dilahirkan. Tapi 36 jam kemudian, bayi malang ini meninggal dunia.

Pihak rumah sakit menyangkal bahwa MRSA sebagai penyebab kematian, dengan menunjukkan hasil pemeriksaan yang negatif terhadap kuman ini. Tapi hasil dari pemeriksaan autopsi menunjukkan bahwa penyebab kematiannya adalah septikemia (infeksi kuman sudah mencapai aliran darah), yang disebabkan oleh MRSA.

MRSA diperkirkan sebagai penyebab 20% dari 5.000 kematian yang terjadi di seluruh rumah sakit akibat infeksi. Badan statistik nasional di Inggris mencatat bahwa telah terjadi peningkatan jumlah kematian sebanyak dua kali lipat selama tahun 1999 hingga 2003.

Saat antibiotika pertama ditemukan di tahun 1940, kematian yang disebabkan infeksi secara drastis menurun. Tapi kini, banyak antibiotika yang sudah tidak ampuh lagi untuk membunuh kuman, karena banyak kuman yang sudah resisten atau kebal terhadap antibiotika. Ini harus menjadi perhatian dari kita semua, karena bila semakin banyak kuman yang telah kebal terhadap antibiotika, sebagai akibat pemakaian antibiotika yang tidak rasional maka sudah dapat diperkirakan kasus seperti di atas akan semakin banyak terjadi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home